ANALISIS EFISIENSI PEMASARAN SLAB (Kasus di Desa Seterio Kecamatan Banyuasin III Kabupaten Banyuasin)

NASIR ., HENDRI WIJAYA, GUSTI FITRIYANA

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menganalisis bentuk saluran tataniaga bokar, farmer share dan share pedagang yang terlibat pada kegiatan perdagangan bokar di Desa Seterio Kecamatan Banyuasin III Kabupaten Banyuasin, dan (2) Menganalisis faktor-faktor dominan yang menyebabkan petani menghasilkan karet dengan kualitas yang masih rendah. Metode penelitian menggunakan metode kasus. Metode penarikan contoh menggunakan metode disproportionate random sampling dimana responden dibagi berdasarkan saluran pemasaran. Metode analisis data menggunakan metode deskriptif sedangkan analisis pemasararan menggunakan rumus marjin pemasaran, biaya pemasaran, keuntungan pemasaran dan farmer share, sedangkan untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan pengolahan karet tidak sesuai dengan anjuran adalah dilakukan wawancara mendalam (deep interview) lalu kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tataniaga slab di Desa Seterio Kecamatan Banyuasin III Kabupaten Banyuasin terdiri dari dua saluran, yaitu: (a) Saluran I: petani–pedagang tingkat desa- Pedagang tingkat kecamatan– pabrik, (b) Petani–Pedagang tingkat kecamatan–Pabrik. Saluran yang paling efisien adalah saluran II. Faktor-faktor yang menyebabkan petani menghasilkan slab dengan kualitas rendah adalah: kebiasaan pengolahan karet yang kurang baik (direndam, menggunakan bahan pembeku yang tidak sesuai anjuran dan menambahkan bahan kotoran pada karet), tidak adanya respon positip dari pedagang terhadap upaya perbaikan mutu karet oleh petani, kegiatan penimbangan yang tidak jujur (tidak fair) oleh pedagang dan kurangnya informasi harga sebernarnya yang berlaku di pasaran. Kata kunci : Tataniaga Karet, Farmer’s share, Efisiensi SWOT Analysis, tidal land.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.