PENGETAHUAN AKUNTANSI DALAM RANGKA MENYUSUN LAPORAN KEUANGAN UNTUK USAHA KECIL MENENGAH BAGI MASYARAKAT KELURAHAN SUKA MULYA KECAMATAN SEMATANG BORANG PALEMBANG

Meti Zuliyana, Msy Mikial, Ima Andriyani, Tomy Senjaya

Abstract


Salah satu permasalahan krusial yang dihadapi usaha kecil adalah pengelolaan keuangan karena pada umumnya pengelolaan keuangan usaha kecil belum teradministrasi dengan baik dimana pengelolaan keuangan belum dipisahkan antara keperluan usaha dan keperluan pribadi (rumah tangga). untuk itu diperlukan adanya pengetahuan dan ketrampilan mengenai akuntansi dan pengelolaan keuangan. Adapun pengetahuan dan ketrampilan yang dapat diberikan dapat berupa teori maupun secara praktek oleh akademisi guna membantu usaha kecil dalam mengelola keuangan usahanya. Tujuan pengabdian ini adalah agar usaha kecil dapat mengelola administrasi keuangannya menjadi lebih baik serta dapat menyusun laporan keuangannya sesuai dengan siklus akuntansi keuangan mulai dari penyusunan transaksi keuangan, pengumpulan bukti-bukti transaksi, pembuatan jurnal, pemostinggan jurnal ke dalam buku besar, pembuatan neraca saldo, pembuatan ayat jurnal penyesuaian, membuat kertas kerja, penyusunan laporan keuangan, membuat jurnal penutup serta jurnal pembalik. Dengan adanya penyusunan administrasi laporan keuangan yang baik maka hal ini diyakini dapat memberikan motivasi bagi usaha kecil untuk melakukan kegiatan usahanya ke dalam lingkup yang lebih luas dan didukung oleh sumber daya yang lebih besar. Sasaran dalam pengabdian ini adalah masyarakat Kelurahan Suka Mulya Kecamatan Sematang Borang. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 05 Maret 2022, Jam 09.00 - 15.00 WIB. Hasil kegiatan pengabdian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pemahaman tentang pengetahuan akuntansi dalam mengelola keuangan dengan efektif dan efisien bagi kelangsungan usaha kedepannya.

Kata Kunci: Pengelolaan Keuangan Usaha Kecil, Penyusunan Laporan Keuangan

Full Text:

PDF

References


Amin Widjaja. 1997. Akuntansi Perusahaan Kecil & Menengah. Jakarta Rineka Cipta.

Abubakar, Wibowo. 2004. Akuntansi Untuk Bisnis.Usaha Kecil dan Menengah. Jakarta. PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Al. Haryono Jusup. 2001. Dasar-Dasar Akuntansi. Jilid I.Yogyakarta. BP. STIE YKPN.

Carl S. Warren, James M.Reeve, Jonathan E.Duchac, Novrys S, Devi S, Amir Abadi Yusuf, Chaerul D.Djakman. 2014. Pengantar Akuntansi Adaptasi Indonesia Berbasis PSAK Terbaru. Edisi 25. Jakarta: Salemba Empat.

Slamet Sugiri, Agus Riyono. 2001. Akuntansi Pengantar 1. Yogyakarta. UPP AMP YKPN

WIT & Dr. Erhans. 2000. Akuntansi 2 : Perusahaan Dagang dan Industri. Jakarta. PT. Ercontara Rajawali.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.